Minggu, 04 November 2012

Pengeboman Hiroshima Dan Nagasaki

60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki
Edisi Koleksi Angkasa XXVI
Edisi Koleksi Angkasa XXVI“…Apabila sinar dari seribu Matahari serentak memecah ke langit, maka seperti itulah kemegahan Sang Perkasa Tunggal. …Aku adalah Kematian, Penghancur Alam Semesta.”(Tentang ledakan atom, Dr J. Robert Oppenheimermengutip kitab Bhagavad Gita)
Senin, 6 Agustus.1945 dan Kamis, 9 Agustus pada tahun yang sama, adalah dua hari yang tak akan terlupakan bagi warga Jepang. Pada hari itu AS menjatuhkan bom atom di atas Hiroshima & Nagasaki, dan dalam sekejap berhentilah kebrutalan negeri ini di wilayah Asia dan Pasifik. Ledakan Little Boy dan Fat Manmenewaskan seketika seratus ribu jiwa, dan menyiksa ratusan ribu jiwa lainnya akibat efek radioaktif yang merasuk ke dalam tubuh.

Sejarah mencatat, inilah pemusnahan massal pertama. Dan, inilah pula ikon perang massa datang jika lomba senjata nuklir tak juga dihentikan. Pemahaman terhadap benda terkecil namun mematikan ini dimulai lewat penelitian Albert Einstein (1905), Ernst Rutherford (1911), dan Niels Bohr (1913). Sementara sebagai bom, dunia mengenalnya lewat proyek berkode Manhattan Project Atas perintah Presiders AS Frank D. Roosevelt, proyek rahasia senilai dua miliar dollar ini sengaja diupayakan untuk mengakhiri Perang Dunia II sekaligus Perang Pasifik.
Agustus ini, petaka tersebut genap 60 tahun. Berbagai kisah mass lalu tak ayal seperti terngiang kembali. Tentang bagaimana AS sampai memutuskan membuat lalu menjatuhkan di kedua kota. Tentang kontroversi pengeboman, faktor Jerman, dan cerita spionase yang terjalin di dalamnya. Juga tentang terobosan teknologi, konsekuensi lomba senjata, dan kegundahan ilmuwan yang terlibat. Untuk Anda, semua itu sears khusus kami sajikan kompak dalam Edisi Koleksi Angkasa “60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki’ ini.
Ilustrasi Pemboman Kota Nagasaki & Herosima
Ilustrasi Pemboman Kota Nagasaki & Herosima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar